Vaksin Tetanus Anak

Kegiatan Pemberian imunisasi pada siswa Sekolah Dasar,  diberikan berbeda kepada para siswa yang saat ini duduk di kelas 1, 2, dan 5. Untuk siswa kelas 1 mereka di imunisasi DT sedangkan kelas 2 dan 5 di imunisasi TD yang dilaksanakan di  SDN 2 Rajekwesi Wilayah kerja Puskesmas Kendit, Kabupaten Situbondo.

Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. 

"Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut."

Imunisasi DT dan TD nyatanya berbeda baik dilihat dari fungsi maupun penyebutannya sedikit sama. Imunisasi DT (diphteria tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis).

Sedangkan imunisasi TD (tetanus diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi Dt agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut.

Kedua vaksin ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu mencegah terjadinya penyakit infeksi difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis).

"Untuk wilayah kerja Puskesmas Kendit sendiri sebagian besar sekolah dasar sudah mendapatkan imunisasi DT maupun TD,