Alasan Pendidikan di Sekolah Dasar selama 6 tahun

 Situbondo, 15 Mei 2023

Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan formal yang pertama.

 sekolah dasar (SD) adalah sekolah tempat memperoleh pendidikan sebagai dasar pengetahuan untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Pendidikan SD diperuntukkan oleh siswa yang berumur 6 atau 7 hingga 12 atau 13 tahun. Nah, para siswa belajar dalam tingkat pendidikan SD selama 6 tahun untuk menyelesaikan 6 tingkatan kelas. Mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. Lantas, mengapa pendidikan SD selama 6 tahun? Untuk itu, simak informasinya berikut ini ini, ya.

Diketahui sistem pendidikan Indonesia merupakan salah satu warisan dari masa kolonial Jepang.Pada masa kolonial Jepang, semua orang berhak untuk bersekolah, Sehingga enggak hanya kaum bangsawan atau kaum terpandang saja, Kids.

Sementara aturan pendidikan SD selama 6 tahun dan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 tahun diatur dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Adapun tujuan dan fungsi pendidikan SD antara lain:

1. Membekali para siswa dengan kemampuan dasar yang terkait dengan kemampuan berpikir secara kritis.

2. Berfungsi membantu para siwa mempelajari sainstek dan kemampuan dalam berkomunikasi yang menjadi tuntutan kemampuan minimal dalamn kehidupan bermasyarakat.

3. Pendidikan SD bisa memberikan dasar-dasar untuk bisa mengikuti pendidikan pada tingkat selanjutnya.

4. Memberikan kemampuan belajar membaca, menulis, dan berhitung.

5. Mempersiapkan para siswa ke jenjang pendidikan lebih tinggi.