Penjelasan Dasar Tentang ANBK bagi siswa kelas 5

Pelaksanaan ANBK 2022 akan segera digelar. untuk itu SDN 2 Rajekwesi mengadakan sosialisasi/pengenalan tentang ANBK kpd siswa siswi kelas 5. tepatx Sabtu 17 September 2022.Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program untuk menilai mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di tingkat dasar dan menengah.
Program ANBK secara online dan semi daring dapat dilakukan di sekolah dan menggunakan komputer. Sebagai alternatif, asesmen nasional tersebut juga dapat dilakukan dengan berbagi sarana dan prasarana atau resource sharing.

Fungsi ANBK
Mengutip Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, ANBK dirancang guna menghasilkan informasi yang akurat supaya dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar. Sehingga, nantinya juga akan meningkatkan hasil belajar siswa.
Asesmen Nasional bertujuan memperlihatkan apa yang semestinya menjadi tujuan utama sekolah, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid.
Mutu satuan pendidikan atau sekolah yang dinilai dalam ANBK akan diukur menurut hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter, lalu kualitas proses belajar-mengajar, juga iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.
Siswa Peserta ANBK
Program ANBK adalah semua siswa kelas 5. Siswa pada kelas-kelas tersebut  bisa merasakan perbaikan pembelajaran ketika masih berada di sekolah tersebut.
Sementara, peserta didik yang berasal dari program kesetaraan adalah mereka yang berada di tahap akhir program belajarnya.